Analisis Jurnal 2

AUDIT KOMUNIKASI SEBAGAI ALAT UNTUK MENGUKUR EFEKTIFITAS

DAN EFISIENSI KOMUNIKASI DALAM SUATU ORGANISASI

Masalah dan Latar Belakang

Komunikasi yang efektif menjadi faktor yang penting bagi pencapaian tujuan suatu organisasi baik organisasi bisnis maupun non bisnis. Bahkan komunikasi organisasi disebut sebagai darah bagi kehidupan organisasi. Penyelenggaraan sistem komunikasi yang efektif merupakan keharusan bagi suatu organisasi

Tujuan Penelitian

Untuk dapat mengetahui apakah kegiatan komunikasi yang sudah dijalankan efektif atau berhasil mencapai tujuan dan sasaran organisasi adalah dengan melakukan audit komunikasi.

Metodologi

Standar pengukuran untuk audit komunikasi yang dikenal sebagai sistem ada lima alat pengukuran yang oleh Goldhaber dirumuskan menjadi teknik dan metode yakni, Survey dengan kuesioner, Wawancara tatap muka, Teknik analisis jaringan, Pengalaman komunikasi dan Catatan harian komunikasi. Sedangkan teknik pengumpulan dan analisis data terdapat, Teknik observasi, Teknik wawancara dan Teknik analisis ini.

Hasil

Audit komunikasi dapat memberikan informasi yang berharga guna mencegah terjadinya kehancuran suatu organisasi. Audit komunikasi dapat mengukur efektif atau tidaknya suatu program komunikasi tertentu. Segala hambatan komunikasi dan gangguan yang menyebabkan macetnya aliran informasi dan peluang yang terlewat dapat diketahui sehingga diperoleh cara yang dapat meningkatkan dampak yang dikehendaki sehingga organisasi atau perusahaan dapat mempertahankan hidup bahkan kesuksesannya di tengah persaingan global yang makin keras.

0 komentar: