Mengatur Strategi Segmentasi Industri

Penyaluran kredit korporasi atau kredit industri membawa dampak resiko yang tinggi jika tidak dikelola dengan benar. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh bank adalah dengan segmentasi industri.

Menurut Frank Borovsky, bank yang melakukan segmentasi pelanggan komersialnya menurut industri, akan menuai keuntungan dalam kepuasan pelanggan dan persepsi pelanggan.

Pengaturan strategi dalam melakukan segmentasi industri untuk kredit korporasi dapat meminimalkan resiko dan menghasilkan manajemen yang efektif. Langkah yang dapat dilakukan oleh bank dalam mengatur strategi segmentasi industri adalah mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan, penyaringan seluruh pasar, pengkategorian industri, pemusatan industri, pemodelan segmen dan analisa kelompok industri yang potensial.

Pengaturan strategi segmentasi industri harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan langkah tersebut. Jika dalam satu tahapan tidak terlaksana secara pasti, maka pada langkah berikutnya kemungkinan akan memperoleh kesulitan.

Hal yang menjadi pertimbangan adalah bagaimana bank mendapatkan data dan informasi yang akan membuat bank tersebut kaya akan basis data industri. Sistem informasi berbasis komputer dapat digunakan dalam konsep basis data bank. Melakukan segmentasi industri bukan suatu hal yang mudah diterapkan, tetapi juga bukan suatu hal yang rumit dan tidak mungkin dilakukan.

Segmentasi sering menjadi kunci dalam mengembangkan sustainable competitive advantage yang didasarkan dari diferensiasi, biaya rendah atau fokus strategi.

Dalam sebuah strategi, segmentasi berarti identifikasi dari kelompok konsumen/pelanggan terhadap perbedaan respon dari kelompok pelanggan lain untuk strategi kompetitif. Strategi segmentasi menggabungkan identifikasi segmen dengan program untuk menyampaikan tawaran-tawaran kompetitif untuk segmen itu. Demikianlah pengembangan dari strategi segmentasi yang sukses menghendaki konsepsi, pengembangan dan evaluasi dari tawaran-tawaran kompetitif (competitive offering).

Manfaat Segmentasi

Jika ada sebuah variabel segmentasi yang paling berguna, maka itu adalah mencari keuntungan dari sebuah produk, karena seleksi dari keuntungan dapat menentukan total strategi bisnis. Orang yang pandai memilih makanan dan minuman dingin, sebuah contoh, pasar dapat dibagi dalam pembeli-pembeli yang memperhatikan kalori dan mereka yang tidak. Orang-orang yang menaruh perhatian tentang berat tubuhnya ingin daging yang rendah kalori yang memuaskan dan sebuah seleksi yang luas dari produk untuk menggantikan dari diet yang monoton. Group lain mungkin ingin makanan enak hanya sebagai pengganti barangkali lebih menikmati makanan yang lengkap, karena itu ingin membuat makanan sendiri, barangkali mengurangi hal yang bersangkutan dengan tanda tradisional untuk membeli makanan dingin.

Analisa Kelompok Industri Yang Potensial

Selanjutnya dalam bisnis perbankan penting kiranya untuk menentukan segmentasi pasar mana yang akan mereka raih dalam hal penyaluran kredit misalnya.

Caranya adalah bagaimana bank tersebut memutuskan kelompok industri tertentu mana yang akan diburu. Untuk itu dengan menggunakan informasi mengenai perusahaan yang diperoleh pada langkah terdahulu bank perlu melakukan proses analisa dan pertimbangan sebagai berikut:

a. Membentuk analisa profitabilitas dasar bagi tiap kelompok industri yang potensial

b. Mempertimbangkan bagaimana industri tersebut berjalan

c. Melakukan penelitian sekunder atau pemetaan konsentrasi industri ke berbagai wilayah geografi

Kesimpulan

Teknik pengaturan strategi segmentasi industri sebaiknya dilakukan secara bertahap untuk mendapatkan hasil terbaik. Tahapan yang harus diikuti adalah pengumpulan data/informasi, penyaringan seluruh pasar, pengkategorian industri, pemodelan segmen dan analisa kelompok industri yang potensial.

Sumber daya yang menunjang segmentasi harus ditentukan terlebih dahulu sebelum pengumpulan data. Penyaringan seluruh pasar dilakukan dengan mengelompokkan perusahaan menjadi enam.

Segmentasi industri bukan suatu hal yang mudah diterapkan, tetapi juga bukan suatu hal yang rumit dan tidak mungkin dilakukan, sebab sistem informatika atau pemasaran dan data bukan merupakan persyaratan yang mutlak, yang terpenting adalah pahami terlebih dahulu dasar-dasar segmentasi pasar dan segmentasi industri mengukur kemampuan dan barulah melakukan segmentasi.

http://www.pdf-search-engine.com/mengatur-strategi-segmentasi-industri-pdf.html

0 komentar: