Rangkuman Jurnal 1

Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi
(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta)
Rina Handayani (2007)


Dibutuhkan strategi yang baik untuk dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan untuk bersaing di pasar. Untuk itu diperlukan informasi yang berkualitas untuk menentukan suatu keputusan yang akan di ambil oleh manajemen perusahaan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain guna menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Disinilah sistem informasi menjadi elemen yang sangat penting. Dari tahun ke tahun penggunaan sistem informasi semakin meningkat, terbukti dengan banyaknya biaya yang dialokasikan. Namun masalah yang timbul adalah penggunaan sistem informasi secara kontinu atau terus menerus yang masih terbilang rendah. Inilah yang menyebabkan terjadinya investasi yang mahal di bidang sistem informasi tetapi return yang dihasilkan cenderung rendah. Padahal tujuan dari pemanfaatan sistem informasi itu sendiri adalah guna menjadi suatu alat keunggulan bersaing dalam rangka memaksimalkan keuntungan yang didapat oleh suatu perusahaan dengan mengefektifkan alokasi dana yang dikeluarkan. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk memanfaatkan sistem informasi tersebut, diantaranya adalah ekspektsi kerja, ekspektasi usaha, dan faktor sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfatan sistem informasi dan pengaruhnya terhadap penggunaan sistem informasi dengan menguji model yang diajukan oleh Venkatesh et al. (2003). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi yang diuji adalah ekspektasi kerja, ekspektasi usaha, dan faktor sosial. Sedangkan, faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan sistem informasi yang diuji adalah kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai dan minat pemanfaatan sistem informasi.

Desain peneliitian ini adalah survey, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data diperoleh dari persepsi individu pemakai sistem informasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Sebanyak 83 kuisoner kembali dari 300 yang dikirim dan 60 kuisoner yang dapat diolah. Metode statistic yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan bantuan program SPSS 11.5.

Y 1= β1X1+β2X2+β3X3+ε (1)
Y2=β4 Y1+β5X4+ε

Keterangan :
Y1 = Minat pemanfaatan SI
Y2 = Penggunaan SI
X1 = Ekspektasi kinerja
X2 = Ekspektasi usaha
X3 = Faktor Sosial
X4 = Kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai
β = koefisien regresi

Dari penelitian ini kita mendapat hasil :
1. Ekspektasi kinerja berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaaan SI artinya dengan menggunakan sisem akan dapat meningkatkan kinerjanya.
2. Ekspektasi usaha berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI artinya responden akan menggunakan sistem apabila mereka merasa hal itu mudah dan tidak memerlukan upaya (tenaga dan waktu) yang banyak untuk mengoperasikannya.
3. Faktor sosial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat pemanfaatan SI artinya lingkungan disekitar responden tidak mendukung atau mempengaruhi mereka untuk memanfaatkan SI dan pemanfaatan sistem tidak akan meningkatkan status mereka.
4. Kondisi yang memasilitasi pemakai terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan SI. Karena semakin banyak infrastruktur dan teknis yang ada, responden akan cenderung menggunakan SI.
5. Sedangkan minat pemanfaatan SI berpengaruh positif namun tidak signifikan artinya responden kurang mempunyai minat untuk menggunakan sistem SI yang ada dalam perusahaan maka penggunaan sistem tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

0 komentar: