Tugas 1 Bahasa Indonesia 2

Menulis adalah proses bernalar

Menulis
merupakan aktivitas menuangkan pikiran dalam bentuk kalimat yang menerangkan akan suatu hal. Terkadang dengan menulis kita bisa menuangkan segala sesuatu dengan lebih mudah daripada membicarakannya. Menulis juga merupakan suatu proses bernalar. Bernalar adalah proses berpikir yang berdasarkan pengalaman indera yang akan mengkasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Dengan bernalar kita bisa mengetahui fenomena-fenomena yang terjadi. Kemudian hasil daari bernalar tersebut bisa dituangkan dalam sebuah atau bahkan beberapa tulisan yang terdiri dari kumpulan kalimat yang saing berkaitan. Namun, tulisan dari hasil bernalar tersebut harus bisa menemukan suatu kebenaran. Hal itu disebabkan karena bernalar merupakan aktivitas berpikir yang abstrak, maka untuk mewujudkannya diperlukan simbol. Simbol atau lambang yang digunakan dalam penalaran berbentuk bahasa sehingga wujud penalaran akan berupa argumen.
Seseorang yang belum tahu ingin menulis sesuatu pasti akan memulainya dengan memikirkan suatu hal atau kejadian yang terjadi sebelumnya. Karena dengan begitu orang tersebut bisa memulai tulisannya yang berkaitan dengan apa yang ia pikirkan. Namun yang harus diperhatikan dalam proses menulis tersebut adalah tulisan yang akan kita buat harus mempunyai makna. Artinya tulisan tersebut haruslah menerangkan atau memberitahukan suatu kebenaran. Selain itu, banyak sekali yang bisa kita dapatkan dari proses bernalar tersebut. Misalnya kita bisa memikirkan hal-hal apa yang menjadi penyebab terjadinya bencana alan seperti banjir, tanah longsor dan lain-lain. Proses bernalar dapat membantu kita untuk menemukan penyebab-penyebab terjadinya peristiwa-peristiwa tersebut, seperti jika banjir kita kaitkan dengan sungai yang banyak sampah, daerah resapan air berkurang dan hal-hal lainnya, maka kita bisa mendapatkan hasil berupa argumen-argumen yang bisa menerangkan peristiwa tersebut.
Oleh karena itu menulis adalah suatu proses bernalar akan sesuatu hal yang nantinya akan menghasilkan suatu kebenaran. Kemudian, dengan bernalar kita bisa membuka pikiran dengan mengaitkan satu hal dengan hal lainnya yang nantinya bisa kita tuangkan kedalam suatu bentuk yaitu tulisan.

0 komentar: